Halo Polisi

Blusukan Berikan Bansos, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak “Urip Iku Urup”

SURABAYA || tNews.co.id – Kepedulian AKBP Ganis Setyaningrum S.I.S. M.H. Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, sangat luar biasa dalam hal ini beliau blusukan terutama saat menyampaikan amanah dari kawan-kawan Pelabuhan Indonesia wilayah Polres pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, (19/03/2021)

Kegiatan ini merupakan kegiatan sosial yang rutin dilakukan Polres Pelabuhan Tanjung Perak untuk memberikan bantuan sosial kepada sesama, kasih sayangnya sangat luar biasa tidak membeda – bedakan sesama umat manusia.

Kepeduliannya memberikan bantuan sosial dan perhatian khususnya pada kaum duafa dan fakir miskin hingga rutinitas memberikan santunan ke yayasan anak yatim serta menyampaikan amanah dari kawan-kawan, baik dari pelabuhan Indonesia wilayah Polres pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Dalam kepedulian sosialnya serta tanggung jawabnya tidak setengah-setengah mengawali hingga sampai tuntas selesai baik materi maupun non-materi di curahkan untuk kepedulian sesama, dengan tema “Urip Iku Urup” kata AKBP Ganis Setyaningrum S.I.S. M.H. Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Kamis sekitar 17.00. (18/03/2021) lalu.

Arti dari “urip iku urup” banyak ditafsirkan sebagai suatu keharusan bahwa hidup harus saling memberikan manfaat bagi sekitarnya. Ibaratkan lilin yang menyala menerangi gelapnya malam selalu ada manfaat yang dapat kita rasakan. Mungkin dapat kita persepsikan bahwa ungkapan “urip iku urup” sangat begitu klasik dan universal. Namun sesungguhnya keberadaan ajaran ini tidak dikekang oleh waktu. Artinya kita pun masih dapat mengamalkan ajaran ini dalam kehidupan sehari-hari.

Pandangan arif dalam masyarakat Jawa ini merupakan salah satu bukti bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Besar dalam hal ini tidak hanya luasnya wilayah namun juga disertai dengan luasnya pikiran dan hati dari setiap elemen bangsa ini. Lalu apakah jika ini merupakan ajaran masyarakat Jawa maka selain masyarakatnya tidak dapat mengamalkannya? Tentu saja tidak. Setiap daerah tentu memiliki pandangan arifnya masing-masing namun pada dasarnya kebajikan yang universal itu tetaplah ada sebagai substansi kehidupan terlepas darimana kita memandangnya. Ajaran “urip iku urup” juga merupakan panggilan kemanusiaan tidak hanya bagi masyarakat Jawa namun juga bagi seluruh alam semesta.

Kali ini Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum S.I.S., M.H. bersama Kapolsek Kenjeran Kompol Yudho dan para anggota blusukan ke wilayah kalilom Lor timur 3 nomor 19 tepatnya kos-kosan ibu poniyem (Sipon kado Boyolali) nama panggilan janda Manulla berusia 82 Tahun yang punya semangat hidup ini, IA menderita sakit kanker di bagian kepala sekitar (awal 2020) 1 tahun yang lalu kini setelah menjalani operasi di RS PHC Surabaya, sekarang sedang menjalani proses penyembuhan dari Rumah Sakit PHC Perak, Surabaya.

Poniyem; Ucap syukur alhamdulillah kepada pak Onny dan Kawan-kawan Terima kasih Pak one semoga sukses semoga gusti Allah yang membalas, gusti Allah ingkang bantu kulo namung nderek dedungo,

“Teman-teman banyak yang membantu kulo matur nuwun ( saya berterima kasih kepada ALLOH ) Semoga bisa lancar, Gusti Allah ingkang bantu panjenengan sedoyo, kulo Among nderek dongo ( Allah yang memberikan bantuan kawan-kawan semua, Saya turut berdoa semoga semua sukses dan diberi kelancaran usahanya… Amin.)

Kepada media AKBP Ganis Setyaningrum S.I.S., M.H. Kapolres pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menyampaikan bahwa, jadi kita sebagai umat manusia untuk melaksanakan kebajikan…kita tebarkan kebaikan bahwa “Urip Iku Urup” Kita sempatkan dan kita Berikan sekecil apapun untuk memberikan faedah dan kemanfaatan bagi Orang lain.. kata orang nomor satu berpangkat buah melati di pundaknya jualannya Polres pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. “pungkasnya

“Kami datang untuk membesuk ibu Poniyem di rumah sakit untuk memberi suport dan doa kepada keluarga rekan Margono. Agar cepat sembuh dan bisa beraktifitas kembali ” Ungkapnya.

( tNews.co.id // Han).

Related Articles

Back to top button