Tentara Nasional Indonesia

Danlantamal V Ikut Peringati 3 Tahun KRI Nanggala 402

Danlantamal V Ikut Peringati 3 Tahun KRI Nanggala 402

SURABAYA, Jawa Timur II tNews.co.id – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Brigjen TNI Marinir Joni Sulistiawan, S.H., M.Han. mengikuti peringatan 3 tahun KRI Nanggala 402 yang di pimpin oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali di Monumen KRI Nanggala 402 Koarmada II Ujung Surabaya. Minggu (21/04/2024)

Acara ini turut mengundang pimpinan Angkatan Laut Negara sahabat antara lain Kasal Australia VADM Mark Hammond, Kasal Korea Selatan yang diwakili Superintendent of ROK Naval Academy RADM Lee Su-Youl, Kasal Malaysia Admiral Tan Sri Abdul Rahman bin Ayub dan Kasal Vietnam yang diwakil Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Vietnam RADM Nguyen Dihn Hung.

Kegiatan diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga oleh Kasal bersama para pimpinan Angkatan Laut Negara sahabat, dan diakhiri dengan penghormatan terakhir kepada arwah pahlawan.

“Seperti yang sudah disaksikan tadi saya bersama dengan beberapa Kepala Staf Negara Sahabat dari Malaysia, Australia, Korea Selatan dan Vietnam, melaksanakan acara penghormatan kepada KRI Nanggala-402 yang tenggelam pada 21 April 2021, dan ini diperingati sebagai Hari Bakti Hiu Kencana,” ucap Kasal.

Lebih lanjut Kasal mengungkapkan, “Alhamdulillah mereka sama-sama melaksanakan acara ini, bergabung untuk memperingati Hari Bakti Hiu Kencana, dan menghormati para arwah dari pengawak dari KRI Nanggala 402, yang telah On Eternal patrol”.

Kehadiran negara sahabat dalam peringatan yang bertema “Commemoration The Service And Sacrifice Of Crew KRI Nanggala 402” tersebut, merupakan wujud dari kebersamaan dari persahabatan negara-negara sahabat yang juga berkontribusi dalam menolong dan mengevakuasi KRI Nanggala 402.

“Kejadian ini tentu saja menyedihkan dan disampaikan rasa bela sungkawa dari berbagai negara, termasuk negara sahabat yang tadi saya sebutkan. Saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang tadi turut memperingati Hari Bakti Hiu Kencana ini,” pungkas Kasal.

Seperti diketahui pada tahun 2021 dalam sebuah operasi, KRI Nanggala-402 dinyatakan patroli abadi (On Eternal Patrol) di perairan Laut Bali dalam melaksanakan tugas negara. Selama pengabdiannya di TNI AL, KRI Nanggala-402 telah melaksanakan berbagai operasi dalam menjaga kedaulatan NKRI dan menegakkan wibawa Pemerintah Indonesia di mata negara lain.

( Pak D Han).

Related Articles

Back to top button