Pemerintahan

Bupati Bangkalan Melantik 146 Kepala Desa Terpilih Tahun 2023

Bupati Bangkalan Melantik 146 Kepala Desa Terpilih Tahun 2023

BANGKALAN, tNews.co.id – Bupati Bangkalan Drs.Mohni M.M melantik secara resmi 146 kepala desa (Kades) terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2023 Periode 2022 – 2028, di Gedung Serba Guna Ratu Ebu – Kabupaten Bangkalan, Senin ( 29/5/2023).

Dalam acara pelantikan tersebut diawali dengan pembacaan berita acara pelantikan dan pembacaan fakta integritas oleh perwakilan kades terpilih, pengambilan sumpah jabatan, dan penandatanganan berita acara pelantikan.

Pelantikan Kades terpilih dihadiri  Ketua DPRD Bangkalan, Kapolres Bangkalan AKBP Febri Isman Jaya, Dandim 0829/ Bangkalan Letkol Kav Taufik Dwinova dan Kepala Kejaksaan Negeri Bangkalan, Sekretaris Daerah (Sekda), dan Camat SE Bangkalan,  Para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemkab Bangkalan, Ketua BKD, Ketua P2KD.

Bupati Drs.Mohni M.M dalam amanatnya mengucapkan terima kasih kepada kepala desa lama yang telah mengabdikan dirinya di desanya masing-masing, dan dengan terpilihnya kades yang baru maka tugas kades lama telah selesai.

“Terima kasih serta penghargaan atas pengabdian Kades periode masa bakti sebelumnya yang telah memasuki purna tugas. Dengan dilantiknya Kades yang baru, maka sejak saat ini, tugas, fungsi, wewenang, hak dan kewajiban Kades dengan sendirinya telah melekat pada diri saudara-saudara sekalian” ucapannya.

Selanjutnya Bupati Bangkalan meminta para Camat untuk segera memfasilitasi serah terima jabatan para kades tersebut.

“Setelah dilantik para Kades lakukan langkah cepat taktis dan evaluasi dengan baik, karena kurun waktu dua bulan penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan serta pertanggungjawaban APBD Desa itu berada dipundak bapak ibu sekalian,” pinta Bupati Bangkalan.

Dia juga meminta kades untuk melakukan perencanaan dan evaluasi, karena penetapan APBD Desa tahun 2023 diperlukan kecermatan dan kecepatan dalam bekerja.

Bupati mengharapkan penyelenggaraan pemerintahan desa dalam pelaksanaan pembangunan khususnya ditingkat desa yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan desa bisa dilaksanakan dengan baik

“Saya berharap hormati dengan baik, tahan diri dengan baik, jangan terlalu emosional dalam mengambil keputusan, khususnya yang berkait dengan perangkat – perangkat desa dan badan pelaksana yang melaksanakan tugas di Badan Usaha Milik Desa (BUMDES),” harapnya.

Bupati mengungkapkan ada beberapa desa yang BUMDES-nya prestasinya luar biasa hingga ketingkat nasional bahkan telah mencapai top 40 nasional. “Ini bukan hal gampang mencapainya, ini hasil kerja keras teman – teman yang ada di desa, untuk itu patut diapresiasi,” ungkapnya.

Dijelaskannya pemilihan kepala desa merupakan salah satu agenda demokrasi, dan dalam demokrasi itu memang terjadi perbedaan – perbedaan, namun perbedaan yang menyatukan kekuatan untuk menuju perubahan dan perbaikan.

“Sekali lagi saya berharap lakukan evaluasi yang baik pedomani data – data dan aturan-aturannya, kendalikan diri jangan terlalu emosional dalam mengambil keputusan” harapnya lagi.

( Hir).

Related Articles

Back to top button