Pemerintahan

Kecamatan Camplong Giat Sosialisasi Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku

Kecamatan Camplong Giat Sosialisasi Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku

Pewarta : Rosi

SAMPANG, tNews.co.id- Untuk menanggulangi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Kecamatan Camplong melakukan sosialisasi dan pelaksanaan vaksinasi di Ruang Pendopo Kecamatan. Rabu (05/08/2022)

Adapun yang hadir dalam acara tersebut, Camat Camplong Saffak, Koramil Camplong Serma Mu’i, Perwakilan Polsek Camplong Kanit Binmas Polsek Camplong Aipda Maulid Hidayat, Puskeswan Sampang Duta, Perwakilan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Dr. Hewan ibu Uce Sugiartih dan seluruh Kades se Kecamatan Camplong.

Menurut Dr. Hewan ibu Uce Sugiartih saat acara sosialisasi menyampaikan bahwa, salah satu penyakit viral yang bersifat akut, sangat menular pada ternak ( hewan berkuku belah) terutama sapi, kerbau, kambing, domba, babi dan rusa.

” Gejala pada hewan saat terserang PMK untuk umum, ciri-cirinya suhu hewan 40 derajat Celcius, lesu, hipersalifasi, tidak mau berdiri, anoreksia, berat badan menurun dan produksi susu menurun. Sedangkan yang khusus ciri-cirinya ialah, lepuh-lepuh berupa penonjolan bulat yang berisi cairan limfa pada lidah dan bibir bagian dalam serta gusi, lepuh primer mulai terlihat 1 sampai 5 hari setelah infeksi dan luka pada kaki”. Ujarnya

Uce menambahkan, untuk masyarakat jgn kuatir dengan adanya virus PMK karena tidak menular kepada manusia saat mengkonsumsi dengan benar seperti dimasak.

” Untuk dosis vaksin yang tersedia saat adalah 500 dosis, yang terdiri dari pembagian vaksin meliputi untuk kabupaten Sampang 200 dosis, kecamatan Pangarengan 200 dosis sedangkan kecamatan Camplong 100 dosis, sedangkan target vaksinasi untuk sapi yang kondisinya sehat”. Tambahnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button