KesehatanPemerintahanPeristiwa

Perhatian Khusus Disperta KP, Empat Posko Di Tempatkan Dalam Menangani Virus PMK Di Kabupaten Sampang

Publisher : Redaksi

Pewarta : Rosi

SAMPANG, tNews.co.id – Wabah Virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) atau dinamai Foot and Mouth Disease virus ini tergolong dalam famili Picornaviridae dan genus Aphtovirus, menjadi perhatian khusus Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta Kp) Kabupaten Sampang.

Virus PMK ini bisa menyebar lewat udara atau airbone atau kontak langsung dengan hewan ternak lain, sehingga penularan dari virus ini sangatlah cepat. Virus ini merupakan penyakit yang menyerang hewan ternak seperti sapi, kambing, rusa, domba dan sejenisnya.

Menurut Kepala Bidang Peternakan Kabupaten Sampang Hendra gunawan menyampaikan sejarah virus PMK dan untuk di Kabupaten Sampang masuk katagori masih suspek.

” Di Indonesia ini sebelumnya ditahun 1886 kita sudah menangani virus PMK selama 100 lebih, di tahun 1990 virus ini baru bisa di tangani sedangkan di Tahun 1994 Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (OIE) Indonesia dinyatakan bebas dari virus PMK, habis itu selama 30 Tahun kita bebas dan muncullah sekarang, kemungkinan virus itu dari luar”. Jelasnya

Hendra menambahkan, untuk Kabupaten Sampang sendiri ada empat kecamatan yang masuk katagori Suspek, diantaranya Kecamatan Torjun, Kecamatan Robatal, Kecamatan Banyuates dan Kecamatan Jrengik.

” Alhamdulilah diantara empat Kecamatan yang suspek dua diantara minggu kemaren di nyatakan sudah sembuh”. Tambahnya

Sementaran menurut Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sampang Ir Suyono M.Si menyampaikan pesan- pesan kepada masyarakat dan Peternak agar selalu berhati- hati dan waspada terhadap Penyakit PMK, segera laporan ke petugas kami apabila ada gejala yang menyerupai virus PMK.

” Apabila ada hewan ternak ditandai dengan adanya pembentukan vesikel atau lepuh dan erosi di mulut, lidah, gusi, nostril, puting, dan di kulit sekitar kuku segera laporkan”. Ucapnya pada Wartawan Media ini

Kami sudah tempatkan empat Posko di Kabupaten Sampang diantaranya, di Kecamatan Ketapang, Kecamatan Sampang, Kecamatan Omben dan Kecmatan Jrengik. Dirinya juga menghimbau agar selalu membersikan kandang dan memberikan desinfektan agar terhindar dari penyebaran virus PMK. Tambah Kadis

Related Articles

Back to top button