Pemerintahan

Inovasi Puskesmas Tanjung Bumi Sebagai Salah Satu Indikator Pemenang Dalam Lomba Desa 2021

BANGKALAN – tNews.co.id – Di tahun 2021 Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) kembali melaksanakan lomba Desa,dan Desa Tambak Pocok Kecamatan Tanjung Bumi sebagai pemenang meraih nilai tertinggi yakni 3.264.

Ada beberapa kegiatan inovasi unggulan PKK Desa Tambak Pocok yang terbagi dalam 4 Pokja.

Adapun inovasi Pokja 1 yakni EMA TANGGAP DINI ( Edukasi reMAja tenTANG penceGAhan Pernikahan DINI ) yang mana kegiatan inovasi ini melibatkan para remaja dan karang taruna Desa Tambak Pocok.

Adapun inovasi Pokja 2 yakni BANYU PUTRA (Bersama tingkAtkan peNYUluhan,Pendidikan dan mUtu ke TRAmpilan ). Dari kegiatan inovatif inilah yang menginspirasi PKK untuk menjadikan istilah BANYU PUTRA sebagai nama Label dari semua produk Desa Tambak Pocok.

Sedangkan untuk inovasi Pokja 3 yakni gerakan tanam sayuran, pemanfaatan lahan/pekarangan dan pemasaran produk unggulan desa,yang di kemas dalam inovasi BERMARTABAT LAPANG DADA ( BERsama Menciptakan Aneka Ragam keTAhanan,pengemBAngan agrobisnis, dan mengopTimalisasikan Lahan PANGan yang suDAh aDA ).

Dalam hal ini Puskesmas Tanjung Bumi sebagai ketua Pokja 4 PKK Desa memiliki kegiatan unggulan taman posyandu dan kampung KB dengan kegiatan Inovasinya yakni CENTING DIMINATI PKK ( CEgah stuNTING DI era pandeMI dengaN hATInya PKK.

CENTING DIMINATI PKK sebagai salah satu Kategori kegiatan unggulan juga salah satu indikator dalam penilaian lomba Desa tahun 2021, sehingga Desa Tambak Pocok sebagai peraih nilai tertinggi.


“Melalui Inovasi CENTING DIMINATI PKK diharapkan dengan pendampingan kader PKK di semua kegiatan di masyarakat dapat mencegah stunting dengan pemanfaatan HATINYA PKK melalui peningkatan pendapatan, peningkatan kwalitas fungsi Keluarga yang ada di kampung KB sehingga STUNTING dapat di cegah dan masyrakat Desa Tambak Pocok Sehat dan sejahtera.”Papar Nurhayati Kepala Puskesmas Tanjung Bumi.

Nurhayati menuturkan bahwa semua Pokja yang ada diPKK Desa Tambak Pocok selalu berkoordinasi dalam pelaksanaan kegiatan sehingga semua Pokja saling berhubungan.”Tuturnya.

Selain itu kata Nurhayati ada kegiatan rutin lainnya yang terus di Kampanyekan Puskesmas Tanjung Bumi yakni diantaranya,Posbindu Lansia ANC Terpadu serta Posyandu Balita,”Imbuhnya.

“Dengan adanya berbagai inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dimasa Pandemi khususnya di wilayah kerja Puskesmas Tanjung Bumi,”Pungkasnya.

 

tNews.co.id – Kontributor  : Aris

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button