Tingkatkan Pelayanan, Apel Senin KUA Pakal Raih Pujian Masyarakat, Tandai Perubahan Signifikan
Tingkatkan Pelayanan, Apel Senin KUA Pakal Raih Pujian Masyarakat, Tandai Perubahan Signifikan


SURABAYA, Jatim II tNews.co.id – Apel pagi rutin di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pakal, Surabaya, kini menuai pujian dari masyarakat. Bukan sekadar apel biasa, kegiatan tersebut dilaporkan telah membawa perubahan signifikan dan dampak positif yang terasa di berbagai aspek pelayanan KUA.
Berbagai sumber menyebutkan, perubahan yang terjadi meliputi peningkatan kedisiplinan pegawai, peningkatan kualitas pelayanan administrasi, hingga peningkatan responsivitas terhadap kebutuhan masyarakat.
Sebelum perubahan ini, beberapa warga dulu pernah mengeluhkan proses administrasi yang rumit dan sedikit lamban. Namun, kini hal tersebut telah menjadi masa lalu.
“Dulu, mengurus surat nikah saja agak susah. Sekarang, alhamdulillah, jauh lebih mudah dan cepat,” ujar Bu Aminah, salah satu warga Kelurahan Babat Jerawat yang baru saja mengurus surat nikah di KUA Pakal.
Senada dengan Bu Aminah, Bapak Budi, warga Kelurahan lainnya, juga memberikan apresiasi atas perubahan yang terjadi. “Pelayanannya sekarang lebih ramah dan informatif. Petugasnya juga sangat membantu,” tambahnya.
Perubahan signifikan ini tidak lepas dari komitmen Kepala KUA Pakal KH Moenawar Kholil S.Ag dan seluruh jajarannya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Peningkatan kualitas pelayanan ini juga ditunjang dengan pelatihan dan pembinaan yang rutin diberikan kepada para pegawai. Selain itu, KUA Pakal juga aktif dalam melakukan sosialisasi dan komunikasi dengan masyarakat untuk mengetahui kebutuhan dan harapan mereka.
Lebih lanjut, apresiasi masyarakat tidak hanya tertuju pada peningkatan pelayanan administrasi. Ketertiban dan kebersihan lingkungan kantor KUA Pakal juga menjadi sorotan positif. Hal ini menunjukkan komitmen KUA Pakal dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif bagi pegawai dan masyarakat.
Keberhasilan KUA Pakal ini diharapkan dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi instansi pemerintahan lainnya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dengan pelayanan yang prima dan responsif, KUA Pakal telah berhasil membangun kepercayaan dan citra positif di mata masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa perubahan yang signifikan dapat dicapai melalui komitmen, kerja keras, dan dedikasi yang tinggi.
(MSH)