Peristiwa

Masih Ada Keluhkan Pelayanan RSUD Dr.Soewandie, Pasien BPJS Dikatakan Masuk Fase 5

Masih Ada Keluhkan Pelayanan RSUD Dr.Soewandie, Pasien BPJS Dikatakan Masuk Fase 5

Surabaya, JAWA TIMUR II tNews.co.id – Pelayanan kesehatan RSUD Dr Soewandhie Surabaya dikeluhkan seorang pasien bernama Moch Arifin saat berobat merasa kecewa terhadap pelayanan kesehatan, Pada Selasa ( 27/11/2022) Malam.

Kepada media ini, pasien menceritakan kronologi dirinya masuk ke rumah sakit dengan keluhan panas, pusing dan pendarahan di dubur.

“Di ruang IGD, saya hanya diperiksa dengan alat tensi dan thermometer,” keluh Moch Arifin.

Selanjutnya, Salah satu perawat mendiagnosis jika penyakit panas dalam tercatat kategori Fase 5, yakni penyakit ringan dan diarahkan ke loket.

“Petugas loket menyampaikan, bahwa saya tidak tercover BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) PBI (Penerima Bantuan Iuran) dikarenakan masuk kategori fase 5,” ucap pasien.

Diketahui, Moch Arifin, Warga Ambengan Selatan Karya No 129 Surabaya itu sangat kecewa, kenapa dirinya yang hanya dilakukan tindakan medik Tensi sudah dinyatakan masuk fase 5.

Merasa kurang puas dengan pelayanan di RSUD Dr Soewandhie, Moch Arifin lantas pulang dan melanjutkan pemeriksaan ke Klinik Waluyo Jati yang dekat dengan rumahnya.

“Hasilnya berbeda, setelah diperiksa di Klinik Waluyo Jati, ternyata saya terjangkit gejala DBD,” paparnya.

Tak terima dengan hasil diagnosis yang berbeda, Moch Arifin mengadu ke wartawan dan LSM Trinusa, serta langsung mendatangi RSUD Dr Soewandhie untuk bertemu dengan Direktur, yakni dr Billy Daniel Messakh.

“Kami datang kembali ke rumah sakit Soewandhie ingin meminta penjelasan terkait pelayanan bagi pasien seperti saya ini,” cetus warga Ambengan ini.

Disana (RSUD Dr Soewandhie-red), rombongan Moch Arifin ditemui oleh Bagian Umum dan Kepegawaian bernama Ibu Wiwik hingga tiga kali menyampaikan, bahwa Dirutnya tidak ada ditempat, dengan alasan ada rapat di Pemkot Surabaya.

“Tidak tau nanti pulangnya jam berapa,” jelas Wiwik.

Namun kurang lebih 10 menit kemudian, tiba-tiba dr Billy Daniel Messakh muncul menemui rombongan yang hendak mengadu di ruang tunggu lantai 7 gedung RSUD Dr Soewandhie.

Dengan lantang sembari menunjuk-nunjuk pakai tangan kiri ke raut wajah salah satu Team, dr Billy Daniel Messakh mengatakan, “Saya tidak mau diberitakan,” ujarnya dengan nada tinggi.

Menyikapi sikap arogansi dari Pejabat RSUD Dr Soewandhie itu, Pemimpin Redaksi Media Gerbang News sangat menyayangkan etika dari Sang Direktur.

Menurut Moch Syamsul Arifin, tindakan arogansi tersebut sangat bertentangan dengan Undang-Undang Tahun 1999 tentang Pers Pasal 4 ayat (3) yang menyatakan, untuk menjamin kemerdekaan pers, pers nasional mempunyai hak mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi.

“Dalam Undang-undang Pers juga mengisyarakatkan, bahwa setiap tindakan yang menghalang-halangi wartawan dalam menjalankan tugasnya dianggap sebagai tindakan pidana,” tegas Syam, sapaan lekat Pemred Gerbang News.

Syam mengingatkan, bahwa Kemerdekaan Pers dijamin sebagai hak asasi warga negara. Pers mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial.

“Peran Pers juga sangat penting dalam memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui dan mengembangkan pendapat umum, dengan menyampaikan informasi yang tepat, akurat dan benar. Selain itu juga akan mendorong ditegakkannya keadilan dan kebenaran, serta diwujudkannya supremasi hukum untuk menuju masyarakat yang tertib,” tutupnya.

( Red ).

Related Articles

Back to top button