BNN

Kepala BNN RI Simak Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR 2022 Secara Daring

Kepala BNN RI Simak Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR 2022 Secara Daring

Pewarta : Handoko

JAKARTA, tNews.co.id – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Dr. Petrus Reinhard Golose mengikuti sidang tahunan MPR 2022 secara daring, Selasa (16/8). Kepala BNN RI menyimak pidato kenegaraan Presiden RI yang disampaikan di gedung Nusantara dengan seksama dari ruang kerjanya di kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur.

Dalam pidato kenegaraannya Presiden Jokowi melaporkan terkait kinerja lembaga-lembaga negara. Presiden Jokowi menyampaikan keberhasilan pemerintah dalam menghadapi pandemi covid-19 dan berbagai krisis global yang terjadi di dunia saat ini.

“Negara kita Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19, termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, yaitu 432 juta dosis vaksin yang telah kita suntikkan,” tutur Presiden ke-7 Indonesia tersebut.

Presiden Jokowi juga menyampaikan kemampuan pemerintah Indonesia dalam menahan laju inflsi. Dalam pidatonya Presiden yang hadir dengan mengenakan pakaian adat Bangka Belitung tersebut mengatakan Indonesia berhasil mengendalikan laju inflasi di kisaran 4,9% jauh di bawah inflasi rata-rata di ASEAN dan negara-negara maju.

Presiden Jokowi juga menyebutkan ekonomi Indonesia yang berhasil tumbuh positif di angka 5, 44% pada kuartal II tahun 2022 dengan neraca perdagangan surplus 364 triliun rupiah pada semester I tahun ini. Semua capaian pemerintah tersebut tentunya tidak lepas dari kekuatan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Empat kekuatan bangsa Indonesia menurut Presiden Jokowi yaitu kekuatan bergotong royong, sumber daya alam yang melimpah, bonus demografi, dan kepercayaan internasional.

“Dengan kekuatan dan peluang tersebut kita mempunyai kesempatan besar untuk membangun Indonesia yang inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan,” sebut Presiden Jokowi.

Dengan memanfaatkan kekuatan tersebut maka terdapat lima agenda yang diusung oleh Presiden Jokowi. Kelima agenda tersebut yaitu hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam; optimalisasi sumber energi bersih dan ekonomi hijau, memperkuat perlindungan hukum, sosial, politik, dan ekonomi; mendukung UMKM untuk naik kelas; serta menjaga keberlanjutan pembangunan IKN.

Menutup pidatonya Presiden berterima kasih kepada lembaga-lembaga nasional yang telah memberikan kinerja terbaik sesuai dengan wewenang dan perannya. Presiden Jokowi mengajak seluruh elemen bangsa bersatu padu untuk Indonesia maju. Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button