Peristiwa

ENSIKLOPEDIA Kearifan Lokal Surabaya Tembus Nominasi The AWARDS Asia 2022

ENSIKLOPEDIA Kearifan Lokal Surabaya Tembus Nominasi The AWARDS Asia 2022

Caption Foto : Prof Dr. Purnawan Basundoro (Dekan FIB Unair) dan Mia Dewi SH. MSi (Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya) di kantor Dispusip Kota Surabaya

Pewarta : Nanang.

SURABAYA, tNews.co.id – Hasil Kolaborasi Fakultas Ilmu Budaya Unair-Dinas Perpustakaan Kota Surabaya dan melibatkan komunitas-komunitas Sejarah.

Berbasis Web, tur virtual 360, dan ditulis dalam lima bahasa (Indonesia, Inggris, Perancis, Jepang, dan Jawa-Arek).
Nominasi di Kategori Excellence and Inovation in Arts di ajang Times Higher Education (THE) Awards Asia 2022.

Program Pengabdian Kepada Masyarakat bertajuk Surabaya Art and Culture Encyclopedia Website with 360 Virtual Tour yang digelar akhir Desember 2021 lalu mendapat perhatian publik internasional. Program yang diiniasi oleh FIB Unair dan Dispusip Kota Surabaya itu masuk dalam daftar nominasi karya terbaik kategori Excellence and Innovation in Arts di ajang Times Higher Education (THE) Awards Asia 2022, bersaing dengan tujuh karya lain dari kampus-kampus terkemuka di Asia.

Untuk diketahui, Times Higher Education (THE) merupakan lembaga pemeringkatan khusus perguruan tinggi di dunia yang berpusat di United Kingdom. Lembaga ini fokus pada penilaian kualitas riset, pengajaran, dan dampak nyata program-program perguruan tinggi kepada publik, khususnya yang terkait dengan tema Sustainable Development Goals (SDGs).
“Dari 500an karya itu komite memilih 8 karya per kategori. Alhamdulillah kami masuk dalam kategori keunggulan dan inovasi dalam seni dan budaya.

Mohon doanya agar kami bisa melangkah lebih lagi di malam awarding,” ujar Prof.Dr. Purnawan Basundoro M.Hum, Dekan FIB Unair. Pria yang juga Ketua Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Jatim ini juga memberi apresiasi tinggi pada partner kolaborasi yakni Dispusip Kota Surabaya.

“Ini adalah pencapaian dan kebanggaan bersama dua institusi. Kolaborasi nyata antara FIB Unair dan Dispusip Kota Surabaya.

” Purnawan juga menambahkan, hal membanggakan lain adalah ensiklopedia itu juga melibatkan komunitas sejarah, yakni Begandring dan Roode Burg. “Itu artinya FIB sangat inklusif dan mendukung SDGs 11 yakni Kota dan Komunitas. SDGs 4 penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas khususnya literasi kami lakukan secara kolaboratif.”

Kepala Dispusip Kota Surabaya, Mia Santi Dewi S.H., M.Si menyatakan sangat bersyukur bahwa kolaborasi yg terjalin dengan Fakultas Ilmu Budaya Unair dalam memajukan kota dan komunitas serta literasi masyarakat mendapatkan apresiasi lnternasional. “Semoga menambah motivasi kita untuk berkolaborasi dan berkarya lebih baik kembali,” tambahnya.

Ketua Komunitas Begandring Soerabaia, Nanang Purwono, menyatakan apresiasinya.

“Tentu Begandring Soerabaia sebagai komunitas yang secara langsung terlibat dalam karya bersama itu ikut senang. Ini menjadi tolok ukur kontribusi komunitas terhadap hasil kerja yang memang dibutuhkan dan bermanfaat bagi publik,” ujar Nanang.

Setelah tahap seleksi dan daftar pendek nominasi dirilis, FIB Unair dan Dispusip menyiapkan dokumen-dokumen kelengkapan malam awarding yang diminta komite. Tim task-force FIB-Dispusip saat ini melakukan beberapa penyempurnaan konten agar meraih hasil maksimal. Adapun malam penghargaan digelar di Fujita Health University, Jepang, pada 31 Mei-2 Juni 2022.

Related Articles

Back to top button