Religi

Genduren Salah Satu Adat Desa Kendalbulur yang Masih Dilestarikan

TULUNGAGUNG, tNews.co.id – di masyarakat pedesaan,sektor pertanian masih menjadi pekerjaan utama dikalangan warganya. Meskipun dilihat dari hasilnya yang tidak menentu,tetapi tetap semangat.

Dalam acara buka sawah(genduren buka sawah) pemdes kendalbulur/kepala desa kendalbulur,bpk anang mustofa se mengundang dan hadir Bpk camat, Bpk danramil, babinkamtibmas,dan tokoh adat desa,serta rt rw dan masyarakat sekitar.

kegiatan genduren buka sawah dilaksanakan di resto bumdes Larasati kendalbulur -tulungagung dg meriah.acara tsbt rutin diadakan tiap awal tanam padi(datangnya musim penghujan).

Seiring berjalan nya modernisasi dan kecanggihan teknologi saat ini, medsos dll,tokoh adat dan kpla desa,mengadakan slametan (genduren) buka sawah sebagai salah satu wujud pelestarian adat.

“melihat kondisi jaman yg semakin maju, dan sudah mulai punah nya berbagai adat istiadat desa, di tahun 2022 saya selaku kepala desa kendalbulur,akan mengadakan berbagai lomba adat,sebagai keseriusan di dlm menghidupkan kembali adat istiadat dan kearifan lokal”.pungkasnya.

Pewarta. Agus.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button