Tentara Nasional Indonesia

Bupati Tuban H. Fathul Huda Resmikan Gedung Baru Markas Kodim 0811 Tuban

tNews.co.id || TUBAN – Bupati Tuban, H. Fathul Huda resmikan Gedung Baru Markas Kodim 0811 Tuban, bertempat di Jl. DR. Wahidin Sudirohusodo No.871, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Selasa (09/06/2021)

Peresmian gedung baru kantor Markas Kodim 0811 Tuban tersebut dihadiri H. Fathul Huda (Bupati Tuban), Letkol Inf Viliala Romadhon, S.E, M.I.Pol (Dandim 0811/Tuban), H. M. Miyadi, S.Ag (Ketua DPRD Tuban), Kompol Priyanto, SH, S.Ik (Wakapolres Tuban), Ery Adi Wibowo, SH (Kasubsi Prodintel Tekinfo Kejari Tuban), Perwira Staf Kodim 0811 Tuban, Danramil jajaran Kodim 0811 Tuban.

Bupati H. Fathul Huda dalam sambutannya mengatakan sejak dulu TNI berperan penting dan banyak berbuat untuk negara. Menurutnya pembangunan Gedung Baru Markas Kodim 0811 Tuban ini merupakan bentuk dukungan dari Pemerintah Daerah (Pemda) terhadap TNI.
“Tentunya sebagai daerah yang menjunjung tinggi nilai budi luhur, sebisanya kami juga membantu pembangunan kantor Makodim 0811 Tuban, karena peran TNI begitu vital dalam menciptakan kondusifitas keamanan wilayah dan itu sangat dirasakan oleh masyarakat Tuban,” ucapnya.

Dengan adanya Gedung Baru Markas Kodim 0811 Tuban ini, Bupati berharap sinergi antara Pemkab Tuban dan TNI selalu terjalin baik serta instansi lainnya. Selain itu, dengan adanya gedung baru diharapkan dapat memberi kenyamanan dalam bekerja, sebab menurutnya jika fasilitas sudah memadai, akan mampu berkerja dengan baik.

H. Fathul Huda menganalogikan peran TNI dengan konsep ‘Asta Brata Kepemimpinan’. Menurut Bupati kepemimpinan tersebut terdiri atas lima elemen dan tiga perasaan.

Lima elemen dimaksud dikorelasikan dengan Panca Maha Butha yang harus seimbang dalam setiap fungsinya.
“Jika tak bisa mengolah api, air, angin, tanah, udara tentu akan menimbulkan bencana,” terangnya.

“Begitu juga terkait tiga masa dimana kita sudah hidup masa Kerta Yuga, Dwapara Yuga dan Kali Yuga. Walau kita saat ini dibilang hidup pada jaman Kali Yuga dengan ciri banyaknya konflik kepentingan, tetapi bagaimana kita dapat menyikapi untuk hidup berdampingan dengan damai,” paparnya.

“Harapan kedepannya, semoga kerjasama yang solid antara Pemkab, TNI- Polri dan Instansi lainnya yang berada di Kabupaten Tuban dapat terjalin lebih baik lagi. Saya sangat bangga serta senang sekali bekerjasama dengan kawan TNI, ini merupakan akhir sebuah jabatan saya sebagai Bupati Tuban, sekaligus saya pamitan dalam menjabat Bupati Tuban,” tuturnya.

Sementara itu dilain tempat, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, S.Sos, M.M menyampaikan apresiasinya terhadap sinergitas Pemda Tuban dengan Kodim jajaran Kodam V/BRW yang telah mengalokasikan pembangunan Gedung Baru Markas Kodim 0811 Tuban melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tuban.

Menurut Pangdam, ini merupakan bagian dari sinergi dalam mewujudkan kinerja yang maksimal melalui kerja keras dan keikhlasan.
“Daerah lain juga punya kemampuan melakukan sinergi yang sama, hanya saja jarang yang mau bertindak. Tidak semua Bupati mau seperti itu, ada kemampuan tapi belum tentu punya kemauan, ini salah satu Bupati yang peduli dengan TNI”, ungkap Pangdam.

Dilanjutkan Pangdam, terkait dengan sinergi yang baik ini tentu ada timbal balik dari TNI, dengan meningkatkan etos kerja Personel TNI dalam menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat di wilayah binaannya.

Senada dengan yang disampaikan Pangdam, Komandan Kodim (Dandim) 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon, S.E, M.I.Pol berharap dengan adanya sinergitas ini agar dapat memotivasi kinerja TNI, sehingga peran TNI dalam menciptakan situasi yang kondisif bisa terlaksana dengan baik.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Bupati atas pembangunan Gedung Baru Markas Kodim 0811 Tuban, tak lepas dari itu pun kami mohon bimbingan, melalui saran dan masukan terbaik dalam meningkatkan kualitas kinerja TNI wilayah, khususnya di Kabupaten Tuban ini,” tutup Dandim.

Sebagai simbolis peresmian, Bupati Tuban H. Fathul Huda dan Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon, S.E, M.I.Pol menandatangani prasasti dan pemotongan pita. Acara diakhiri dengan peninjauan gedung dan ramah tamah bersama.

( tNews.co.id – Hand).

Related Articles

Back to top button