Tentara Nasional Indonesia

Siswa Pusdikkes Kodiklatal Lattek Kesehatan Operasi Amphibi di Puslatpur Purboyo

SURABAYA – tNews.co.Id || Setelah sebelumnya melaksanakan Latihan Praktek Kesehatan Lapangan di sekitar kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, sebanyak 218 siswa Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) menlaksanakan Lattek Kesehatan Lapangan pada Operasi Amphibi di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Purboyo Kabupaten Malang, Senin, (24/5/2021).

Kegiatan Lattek Kesehatan Lapangan siswa Pusdikkes ini sesuai dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam membangun sumberdaya manusia TNI AL yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman.

Lattek Kesehatan lapangan dengan sandi “Jalasena Wiyata Husada 23.21” tersebut dipimpin langsung Komandan Sekolah Khusus Kesehatan (Dansesuskes) Pusdikkes Letkol Laut (K) M. Tarigan, S.E, yang juga menjabat Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Lattek kesehatan lapangan Jalasena Wiyata Husada 23.21.

Disela-sela pelaksanaan Lattek Dansesuskes Pusdikkes Letkol Laut (K) M. Tarigan, S.E, menyampaikan ke-218 Siswa Pusdikkes ini terdiri siswa Pendidikan Spesialisasi Perwira (Dikspespa) Kesehatan 27 orang, Siswa Pendidikan Pertama Kesehatan (Dikmapakes) 42 orang, siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) Angkatan XL/1 kejuruan Kesehatan 17 orang, siswa Dikmaba Angkatan XL/2 kejuruan Kesehatan 30 orang dan Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Kejuruan Kesehatan 39 orang. Selain Siswa Pusdikkes turut pula dalam Latihan tersebut prajurit Antap sebagai pendukung.

Adapun Materi yang praktekkan dalam lattek kesehatan lapangan operasi pendaratan amphibi ini adalah luka tembak dada, luka ranjau kaki kanan luka tembak abdomen atau diketinggian luka tusuk usus terburai, korban nyaris tenggelam di sungai, luka fraktur humerus, luka tembak open fraktur, luka patah tulang klavikula, luka bakar, fraktur tulang belakang, open fraktur kaki kanan dan korban heat stroke.

Dansesuskes Pusdikkes Letkol Laut (K) M. Tarigan, S.E, juga menyampaikan bahwa tujuan Lattek Kesehatan Lapangan ini adalah mengaplikasikan teori yang telah didapat di kelas sekaligus meningkatkan ketrampilan baik perorangan maupun secara kelompok dalam upaya evakuasi kesehatan dilapangan baik melalui darat, laut dan udara dalam suatu operasi pendaratan amfibi.

Sebelum melaksanakan kegiatan di Puslatpur Purboyo para siswa mengawali kegiatan Geladi Posko yang memberikan gambaran tentang materi-materi latihan kesehatan yang akan dilaksanakan, selesai geladi posko dilanjutkan manlap di sekitar kesatrian yang mengambil tempat Pusdikkes dan Puspeknubika dengan memberikan gambaran mengenai Latihan Pertahanan pangkalan dan diakhiri latihan di Puslatpur Purboyo di medan sebenarnya dalam memberikan dukungan kesehatan pada operasi pendaratan Amphibi.

( tNews.co.id – Hand).

Related Articles

Back to top button