Wisata

Keindahaan Dua Masjid Megah di Pantai Padang Bakal jadi Destinasi Wisata Religi

tNews.co.id – Sumatera Barat merupakan salah satu dari sekian banyak propinsi yang memiliki kekayaan. Tidak hanya kekayaan alam tapi juga kekayaan kultur budaya, kuliner hingga tempat wisata religius yang memanjakan mata pecandu wisata.

Beberapa objek wisata yang dimiliki sumbar di berbagai daerahnya. Wisata laut dan pantai yang terkenal seperti Pantai Padang, Pulau Mandeh. Wisata Religi dengan berdirinya berbagai masjid yang indah dan megah seperti Masjid Raya Sumatera Barat, Islamic center Kota Padang Panjang, Masjid Agung Al-Muklhsinin Kota Solok dan yang terbaru masjid Al-Hakim yang berdiri megah di tepian Pantai Padang, Sumatera Barat.

Masjid Al-Hakim adalah sebuah masji bergaya Taj Mahal di tepi Pantai Padang, Sumatera Barat. Masjid ini mulai dibangun pada awal tahun 2017. Biaya pembangunan masjid ini berasal dari seorang donator. Sementara lahan untuk pembangunan masjid ini disediakan oleh Pemerintah Kota Padang seiring penataan Pantai Padang yang dilakukan semenjak tahun 2014.

Lahan masjid ini dulunya merupakan area permainan anak yang dipenuhi oleh tenda-tenda pedagang kaki lima. Berkat pendekatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Padang, pedagang bersedia direlokasi ke tempat baru sehingga pembangunan masjid dapat dikerjakan.

Arsitektur masjid ini terinspirasi dari Taj Mahal yang ada di India. Taj Mahal merupakan bangunan yang indah dan megah. Taj Mahal dibelakang masjidnya ada Sungai Jaipur. Sementara Masjid Al-Hakim ini dibelakangnya ada lautan lepas. Dengan adanya masjid ini maka semakin bertambahlah icon wisata religius untuk Sumatera Barat yang ada di Kota Padang.

Daya tarik Masjid Al-Hakim atau Al-Hakim Islamic Center ini telah sampai kepada banyak orang, khususnya di media sosial.

Wisatawan dari berbagai daerah seperti Medan, Riau, Jambi sempat melaksanakan ibadah sholat dan menyaksikan matahari terbenam dibelakang masjid.

Sejak tanggal 4 September 2020, Masjid Al-Hakim ini sudah dibuka terbatas untuk aktifitas ibadah dengan menerapkan protocol kesehatan Covid- 19. Menurut rencana, Masjid Al-Hakim ini akan diresmikan pada bulan November 2020 yang akan datang.

Dua masjid megah di kawasan Pantai Padang, Sumatera Barat, akan dijadikan destinasi wisata religi. Kedua masjid itu yakni, Masjid Al Hakim dan Masjid Mujahiddin.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Arfian membenarkan hal tersebut. Menurutnya, dua masjid megah itu telah menambah ikon wisata Kota Padang.

“Dua masjid yang akan dijadikan ikon destinasi wisata religi tersebut itu masjid Al Hakim dan Mujahidin,” katanya, dikutip dari Wikipedia, Jum’at (16/4/2021).

Kedua masjid tersebut merupakan milik pribadi. Namun ke depan, Pemkot Padang, kata Arfian, akan mencoba membenahi masjid tersebut.

“Pembenahan di sekitar area itu mungkin menambah minat orang untuk hadir. Lokasi masjid itu sangat strategis dan indah berada di Pantai Padang,” katanya.( Red).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button