Tentara Nasional Indonesia

Mantapkan Ilmu Pasukan Pendarat, Siswa Kodikmar Kodiklatal Angkatan 43/2 Sukses Pendaratan Amfibi dan KSIT

Mantapkan Ilmu Pasukan Pendarat, Siswa Kodikmar Kodiklatal Angkatan 43/2 Sukses Pendaratan Amfibi dan KSIT

SITUBONDO, Jawa Timur II tNews.co.id – Guna memantapkan ilmu sebagai Pasukan Pendarat (Pasrat), sebanyak 546 Siswa Kodikmar Kodiklatal Angkatan 43 Gelombang 2 yang tergabung dalam Lattek Pelayaran Wira Jala Yudha (WJY) Ke – XXII Tahun 2024, sukses melaksanakan Lattek Pendaratan Amfibi dan Kerja Sama Infanteri dan Tank (KSIT), bertempat di Pantai Banongan Situbondo Jawa Timur. Jumat (21/06/2024).

Prosesi Lattek Pendaratan Amfibi ini dilaksanakan pada saat menjelang matahari terbit, yang diawali dengan proses penyamaran wajah, setelah itu seluruh Siswa menuju ke tempat debarkasi guna menunggu proses Peran Sekoci untuk melaksanakan Peran Pendaratan dan Pengenalan Raid Amfibi di Pantai Banongan.

Lattek Pendaratan Amfibi ini juga melibatkan Tank PT 76 M, dan BTR 50 PM serta Perahu Karet (PK) SAR yang digunakan untuk melaksanakan pengamanan dan evakuasi. Selain itu, para siswa yang menggunakan 2 LCVP dan 10 PK bersama-sama meluncur menumbur pantai, hingga mendarat dan merebut Sasaran Pantai.

Danseta Kavaleri Pusdikkav Kodikmar Mayor Mar Hayat Tegar selaku pendamping Siswa Marinir Kodiklatal mengatakan bahwa, latihan ini bertujuan untuk membekali para Siswa agar memiliki keterampilan tentang taktik dan teknik raid, pendaratan amfibi dan kerjasama infanteri tank, sehingga dapat mengaplikasikan dalam kedinasan sebagai Danru (Dikmaba) anggota regu (Dikmata) atau jabatan lain yang setingkat.

Pendaratan Amfibi Siswa Marinir Kodiklatal ini disaksikan Staf Latihan dan para Pabingsis, Bingsis maupun para pendukung Lattek Layar Gabungan Wira Jala Yudha XXII Tahun 2024.

( Pak D ).

Related Articles

Back to top button