Tentara Nasional Indonesia

Komandan Pasmar 2 Hadiri Pembukaan Latgabma Super Garuda Shield 2023

Komandan Pasmar 2 Hadiri Pembukaan Latgabma Super Garuda Shield 2023

SITUBONDO, JATIM, tNews.co.id – Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto menghadiri pembukaan Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield (SGS) tahun 2023, di Lapangan Puslatpur Marinir-5 Baluran Ds. Sumberwaru Kec. Banyuputih Kab. Situbondo. Kamis (31/08/2023).

Latgabma Super Garuda Shield tahun 2023 dibuka secara resmi oleh Panglima TNI Laksamana TNI H. Yudo Margono, S.E., M.M., C.S.F.A dan Comander US Army Letjen Xavier T. Bronson bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), bertindak sebagai Komandan Upacara, Komandan Brigade Infanteri 2 Marinir Kolonel Marinir Argo Setiyono, pembukaan latihan ditandai dengan penyematan tanda latihan oleh Irup.

Latgabma Super Garuda Shield tahun 2023 tersebut, melibatkan ribuan prajurit TNI dan tentara asing dari Negara sahabat yang ada di kawasan Indo-Pasifik di antaranya Indonesia, Amerika Serikat, Australia, Jepang, Singapura, dan Negara pengamat dari Inggris, Selandia Baru, Kanada, Papua Nugini, Brunei Darussalam, Prancis, Jerman, Filipina, Korea Selatan dan Timor Leste.

Tujuan dari Latgabma Super Garuda Shield ini adalah untuk meningkatkan kerja sama dan hubungan militer yang positif, mengembangkan dan meningkatkan kemampuan untuk melaksanakan fungsi gabungan, prosedur staf memanfaatkan kemampuan Kodal dari fungsi gabungan yaitu Mabes Angkatan Darat, Laut, Udara dan Koopssus TNI, dan meningkatkan interoperability TNI dan US Indopacom untuk merencanakan operasi gabungan bersama. Selain itu, juga mengembangkan operasi multilateral pada level taktis dan memperkuat hubungan antara TNI dan US Indopacom.

Related Articles

Back to top button