Komunitas

Perayaan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW di RT 07 RW 03 Manukan Indah Sukses

Perayaan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW di RT 07 RW 03 Manukan Indah Sukses

SURABAYA, tNews.co.id – Warga Manukan Indah RT 07 RW 03 Manukan Kulon Surabaya memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW dan Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H, Sabtu malam (04/03/2023).

Dengan menghadirkan penceramah dari Candi Lontar,KH Lukman Hakim M.M kegiatan tersebut mengusung Tema : “Menyambut Bulan Ramadhan Kita Tingkatkan Iman dan Taqwa”

Kegiatan bertempat di Manukan Indah I, tampak ratusan warga RT 07 RW 03 Manukan Kulon antusias dan khidmat mengikuti rangkaian acara peringatan Isra Miraj 1444 Hijriah dan Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh MC, dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an oleh Qori Slamet Riyadi. Kemudian sambutan dari Ketua panitia yang juga ketua RT 07 RW 03,Bapak Fauzi Amenan selanjutnya ceramah dan Doa dari KH Lukman Hakim M.M.

Ketua RT 07 RW 03, Fauzi Amenan mengatakan melalui peristiwa Isra Miraj yang diperingati tiap tahunnya mengajak seluruh umat Islam di wilayah manukan ini menjadikan peringatan Isra’ Mi’raj 1444 H tahun 2023, sebagai momentum untuk muhasabah diri dalam kehidupan sehari hari, serta mencintai Rasulullah dengan melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangannya.

Sementara itu ketua RW 03,H.Nonot Suryono S.H, dalam sambutannya mengatakan,peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, sebagai salah satu upaya kita dalam memahami dan menghayati makna kehidupan baginda Rasul Muhammad SAW, sekaligus menjadikannya panutan dan suri tauladan dalam mengarungi kehidupan di dunia dan keselamatan di akhirat nanti.

Lebih lanjut Bapak Nonot, menambahkan dengan Mempersiapkan diri menyambut bulan ramadhan menjadi proses pencerahan bagi umat Islam, harapannya Dengan memperingati isra mi’raj kita sebagai warga RW 03 bisa guyup dan rukun.

“Peringatan isra’ Mi’raj ini sebagai wujud kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW yang bermuara kepada peningkatan keimanan dan ketaqwaan kita terhadap Allah SWT,” jelas ketua RW 03

Acara isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang di isi oleh KH Lukman Hakim M.M ini ,Beliau menyampaikan kisah yang dialami Nabi Muhammad saat melakukan perjalanan rohani yaitu Isra Miraj.

IIsra Miraj adalah perjalanan malam Nabi Muhammad dari Mekah ke masjid Masjid Aqsa, lalu naik ke Sidratil Muntaha. Isra Miraj terdiri dari dua bagian perjalanan utama yaitu perjalanan dari Masjidil Harom ke masjid Al-Aqsa di Yerusallem dan ke Sidratil Muntaha (Miraj).

Saat melakukan perjalanan Miraj Nabi Muhammad SAW naik ke Sidratil Muntaha untuk menerima perintah Allah agar umat beriman melaksanakan ibadah sholat. Selain itu, KH Lukman juga menghimbau agar masyarakat semangat melaksanakan sholat berjamaah di Masjid dan sholat harus khusyuk,jangan berpikir yang lain ketika Sholat.

“Acara ini dilaksanakan untuk meningkatkan iman dan taqwa masyarakat Manukan dan sebagai pengingat bahwa perintah sholat itu wajib. Sholatlah sesuai tuntunan yang telah diajarkan Rosululloh SAW”. Ujar Ustadz KH Lukman Hakim M.M.

( Pakde Handoko/ Red).

Related Articles

Back to top button