Olah RagaPemerintahan

KONI Jatim Mulai Pantau Calon Atlet Puslatda Jatim

KONI Jatim Mulai Pantau Calon Atlet Puslatda Jatim

Pewarta : Pak de Hand

SURABAYA, tNews.co.id – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur mulai bersiap menyambut pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh dan Sumatera Utara. Kini, KONI Jatim akan memulai perekrutan atlet yang akan masuk dalam program Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) Jatim.

Ketua KONI Jatim, M Nabil mengatakan, ada beberapa saluran dalam perekrutan atlet ini. Di antaranya memantau atlet yang turun di PON XX 2021 Papua, atlet-atlet yang ikut berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jatim 2022, serta rekrutmen individu bagi atlet yang tidak terpantau di PON, Porprov maupun di cabang olahraga.

“Ada beberapa aspek mulai jenjang karier prestasi, tes fisik, tes kesehatan, tes psikologis. Semua yang sesuai standar akan kita rekrut, tapi tidak permanen akan ada promosi degradasi,” kata Nabil, Senin, 11 Juli 2022.

Untuk itu, pada pertengahan Juli ini ia berencana memanggil pengurus cabang olahraga untuk mengonfirmasi atlet-atlet yang akan diajukan.

“Kita berharap sebelum diusulkan ke KONI sudah dilakukan seleksi internal terlebih dahulu. Sehingga sudah memenuhi standar, tinggal kita akan tes kondisinya,” tuturnya. Setelah terkumpul, baru program Puslatda akan dimulai pada Oktober 2022 mendatang.

Untuk Puslatda, kata Nabil, akan berjalan menyesuaikan dengan program pelatihan dari tim pelatih. “Program nanti berupa training camp atau try out luar negeri atau perbanyak pertandingan. Adaptasi pertandingan sangat diperlukan timbang latihan saja,” pungkasnya.

Related Articles

Back to top button