Tentara Nasional Indonesia

Inspektur Kodiklatal Pimpin Acara Exit Meeting Tim BPK RI Dengan Kotama TNI AL Wilayah Surabaya

SURABAYA || tNews.co.id – Inspektur Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Irkodiklatal) Brigjen TNI Mar Amir Faisol, S.Sos, M.M., CHRMP mewakili Komandan Kodiklatal memimpin acara Exit Meeting tim Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) dengan Komando Utama (Kotama)/Satker TNI AL Wilayah Surabaya antara lain Komando Armada II, Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL), Rabu, (24/11/2021).

Selain Irkodiklatal hadir dalam acara tersebut Irkoarmada 2, Seklem AAL, Seklem STTAL, Asrena Koarmada II, Paban I Ren Ditum Kodiklatal, Paban IV Log Ditum Kodiklatal, Direnbang AAL dan Dirlog AAL. Sementara dari BPK RI hadir Abdul Hakim, S.E., M.Si selaku pengendali Teknis 1 dan Joko Wibowo, S.E., M.Si., Ak, selaku pengendali Teknis 2.

Komandan Kodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat dalam sambutan yang dibacakan Irkodiklatal Brigjen TNI Mar Amir Faisol, S.Sos, M.M., CHRMP menyampaikan selama satu minggu pelaksanaan pemeriksaan oleh BPK RI, kita telah menyampaikan data atau dokumen dan mendiskusikan berbagai permasalahan yang ada, sehingga kegiatan pemeriksaan interim dan kinerja BPK RI atas laporan keuangan Kemhan dan TNI pada Unit Organisasi (UO) TNI AL tahun 2021 di Kodiklatal, Koarmada II, AAL dan STTAL dapat berjalan lancar dan penuh keterbukaan.

Hal ini disebabkan karena adanya kerja sama yang baik antara tim pemeriksa sebagai subjek dan Kodiklatal, Koarmada II, AAL dan STTAL sebagai objek pemeriksaan, mampu memerankan fungsi masing-masing dengan penuh tanggung jawab untuk mendukung organisasi ke arah yang lebih baik.

Pada kesempatan tersebut Dankodiklatal juga menyampaikan bahwa pengawasan dan pengendalian atas laporan keuangan secara internal di masing-masing satuan kerja selama tahun anggaran berjalan, sangat bermanfaat terhadap efektivitas manajemen keuangan, pengendalian dan proses tata kelola keuangan organisasi, sehingga pada saat kita menerima pemeriksaan dari BPK RI, hasilnya dapat digunakan sebagai bahan pembenahan dan penyempurnaan sesuai norma dan tataran prosedur yang berlaku.

Dengan berakhirnya kegiatan pemeriksaan interim dan kinerja oleh BPK RI hari ini, Dankodiklatal berharap kepada para pejabat terkait Kodiklatal, Koarmada II, AAL dan STTAL memiliki persepsi dan interpretasi yang sama tentang hal-hal yang telah dirumuskan serta diputuskan bersama. Apabila terdapat temuan oleh tim pemeriksa BPK RI agar segera dievaluasi dan ditindaklanjuti sesuai dengan lingkup tugas dan kewenangannya, sehingga tercipta kesamaan pola pikir, pola sikap dan pola tindak pada setiap pelaksanaan tugas khususnya dalam menyusun laporan pertanggungjawaban keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kepada bapak Abdul Hakim, S.E., M.Si. dan bapak Joko Wibowo, S.E., M.Si., Ak, beserta tim pemeriksa BPK RI, Dankodiklatal mengucapkan terima kasih atas kerja samanya dalam upaya peningkatan kinerja dan tata kelola organisasi Kodiklatal, Koarmada II, AAL dan STTAL khususnya dalam pengelolaan keuangan negara, sehingga dapat mendukung kinerja TNI AL.

Pewarta :@ Handoko.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button