Halo Polisi

Gerai Vaksin Presisi Kembali Mendatangi ODGJ Secara Door To Door di Wilayah Sumbergempol Tulungagung

TULUNGAGUNG – tNews.co.id || Program gerai vaksin presisi terus digencarkan di Kota Tulungagung secara perlahan terus berjalan. Satu persatu, masyarakat mulai mendapat suntikan vaksin di program “Gerai Vaksin Presisi”.

Polsek Sumbergempol Polres Tulungagung bekerjasama dengan UPT Puskesmas Sumbergempol dan Forkopimcam Kec. Sumbergempol Kabupaten Tulungagung kembali mendatangi secara door to door dengan menyasar vaksinasi ODGJ, Senin (6/7/2021)

Kapolsek Sumbergempol AKP I Nengah Sutedja, S.Pd, mengungkapkan hari ini sebanyak 6 ODGJ terbagi di dua Desa yakni Desa Sumberdadi sebanyak 4 ODGJ dan Desa Sambirobyong sebanyak 2 ODGJ.

“Satu tim kita kerahkan personil gabungan terdiri dari empat tenaga kesehatan, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Perangkat Desa setempat dengan cara mendatangi satu per satu rumah ODGJ serta melakukan pendekatan ke keluarga dan peserta vaksin”

Tidak dipungkiri, vaksinasi ini membutuhkan keahlian khusus, karena tak sedikit mereka ngamuk saat didatangi, dan proses vaksin pun membutuhkan waktu lebih banyak,” papar Kapolsek.

AKP Suteja menjelaskan, ” Upaya ini kami lakukan untuk mempercepat cakupan vaksinasi di wilayah Kecamatan Sumbergempol, yang memang tidak bisa datang langsung ke gerai Vaksinasi,” tambahnya.

Salah seorang keluarga peserta vaksinasi ODGJ, mengaku sangat terbantu dengan vaksinasi door to door ini.

“Saya mengucapkan terimakasih karena sangat terbantu, dan lebih merasa terjaga dari penyakit, kami pun merasa diperhatikan, dipermudah dan tak merasa dikesampingkan,” Lanjut Kapolsek Sumbergempol

Sementarabitu saat dikonfirmasi, Kepala UPT Puskesmas Sumbergempol Tri Endah Wahyuni, SST, M. Kes, mengatakan prosedur vaksinasi untuk kelompok ODGJ, berlaku sama dengan vaksin terhadap warga pada umumnya. Mereka terlebih dulu diperiksa kesehatannya. Dicek tensi atau tekanan darahnya serta riwayat penyakit serta kondisi kesehatan secara umum.

“Jika semuanya dinilai baik, pemberian vaksin Covid-19 baru dapat diinjeksikan. Alhamdulillah, hingga kini pelaksanaan vaksinasi di dua Desa yakni desa Sumberdadi dan Desa Sambirobyong berjalan lancar dan semua ODGJ kooperatif saat dilakukan rangkaian vasinasi.,” pungkas Kepala UPT Puskesmas Sumbergempol.

Pewarta : Roni.

Related Articles

Back to top button