Religi

Obyek Wisata Religi, Sejarah merekam Surabaya Sebagai kota Yang Selalu Punya Peran Besar di Setiap Zaman

SURABAYA || tNews.co.id – Sejak Islam pertama kali masuk ke wilayah Jawa Timur sekitar abad ke-11, Surabaya memiliki peran yang sentral karena Pelabuhan Tanjung Perak digunakan sebagai tempat berlabuh kapal-kapal dari para saudagar yang ingin berdagang sekaligus menyebarkan agama Islam.

Selain itu, ibukota provinsi Jawa Timur ini juga menjadi salah satu pusat penyebaran agama Islam, sehingga cukup banyak situs-situs peninggalan Islam masa lampau yang ada di Surabaya. Banyajnya situs ini membuat Surabaya yang masuk ke dalam Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu Kota Wisata terpopuler Religi Indonesia yang wajib dikunjungi

Berikut situs-situs peninggalan Islam dan objek wisata religi di Surabaya dan Sejarah merekam sebagai kota yang selalu punya peran besar di setiap zaman.

Penyebaran agama Islam di tanah Jawa tak bisa dilepaskan dari Kota Surabaya. Letak geografisnya yang strategis menjadikan kota ini dekat dengan pusat Kerajaan Majaphit. Pusat pemerintahan penting sebelum kemerdekaan Indonesia teraih.

Salah satu tokoh penting dalam penyebaran Islam di Jawa yakni Sunan Ampel yang berdakwah di wilayah Surabaya dan seki tarnya. Sunan Ampel adalah anggota dewan Wali Songo tertua, Keturunannya menjadi sejumlah tokoh yang menye barkan agama Islam di wilayah lain.

Dalam buku Atlas Wali Songo (2012), Agus Sunyoto menjelaskan cara unik Sunan Ampel menyebarkan ajaran Islam. Beliau gencar menikah kan juru dakwah Islam dengan para putri bangsawan Majapa hit. Pernikahan itu akhirnya mem bentuk keluarga-keluarga muslim dalam sebuah jaringan kekerabatan yang selanjutnya menjadi cikal-bakal dakwah Islam di berbagai daerah di Indonesia.

Menurut Agus Sunyoto, dengan cara menikahkan juru dakwah Islam dengan putri-putri penguasa bawahan Maja pahit, Sunan Ampel membe ntuk keluarga-keluarga muslim dalam suatu jaringan keke rabatan yang menjadi cikal-bakal dakwah Islam di ber bagai daerah.
Selain Sunan Ampel, ini sejumlah tokoh religi lain yang punya peran penting di Kota Surabaya dan disemayamkan di kota tersebut. Makam-makam para sesepuh ini sering ramai dikunjungi para peziarah.

Mereka datang untuk mendo akan almarhum, mencari keber kahan, dan lain sebagainya.
Sebagian kawasan pema kaman para leluhur ini sudah dipugar dan ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya.

(tNews.co.id – Hand).

Related Articles

Back to top button