Halo Polisi

Dit Polairud Polda Jatim Memperketat Kesiapsiagaan Penjagaan

SURABAYA || tNews.co.id – Paska penerobosan oleh terduga teroris ke dalam Markas Besar Polri, di Jalan Trunojoyo Jakarta Selatan pada Rabu sore sekitar 16.30 WIB, membuat Dit Polairud Polda Jawa Timur memperketat penjagaan di markas komando (mako).

Dirpolairud Polda Jawa Timur Kombes Pol Arnapi meminta seluruh Anggotanya meningkatkan pengamanan dan penjagaan di Dit Polairud Polda Jatim dengan melaksanakan pengamanan dan antisipasi dari kelompok radikalisme di pos penjagaan Dit Polairud Polda Jatim di Jalan Intan nomor 1 Tanjung Perak Surabaya, (01/04/2021) Pukul 18.00 Wib.

Dirpolairud Polda Jatim Kombes Pol Arnapi didampingi AKBP Y. Herlambang Kasubdit Patroli menghimbau pada anggotanya tetap siaga dalam penjagaan karena masalah kejahatan kan bisa terjadi di mana-mana termasuk di Pos pos penyeberangan, polairud juga mengawasi di lautan baik tingkat penyeberangan maupun sandar di Kepulauan,”pungkasnya.

Lebih Lanjut Dirpolairud Polda Jatim Kombes Pol Arnapi menyampaikan bahwa Personil Dit Polairud Polda Jawa Timur melaksanakan kegiatan monitoring serta pemantauan di sekitar Dermaga Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan menjamin keamanan di lautan Wilayah perairan Barat dan Timur di seluruh wilayah Jawa Timur, yang Meliputi perairan Gresik Jember, Banyuwangi, Malang, Bangkalan Sampang , Lamongan, Tuban, Probolinggo, Blitar, Pacitan di seluruh wilayah Polda Jawa Timur.

” Termasuk kapal yang keluar masuk pelabuhan, kapal-kapal pesiar, ikan nelayan, feri, gilimanuk – ketapang, Probolinggo Gili Ketapang, Kalianget Kangean masalembo, Gresik Bawean, Lamongan Bawean, dan kapal – kapal penumpang antar pulau seluruh Indonesia.

Saat ditemui awak media ini, Kombes Pol Arnapi didampingi AKBP Herlambang serta Kompol Bintara S. H. Dan Pawas Ipda Yahudi, Beberapa piket fungsi yakni Bribka Sandra, AIpda Riwan, fungsi Sar AIptu S. Danu dan Bribka Rinto, komandan jaga Aiptu Amari, Provos. Aipda Anas. F. Dengan peralatan yang telah dipersiapkan perlengkapan di pos penjagaan Seperti senpi laras panjang SS1 V5 dengan kaliber 556 dan metal detector untuk mengantisipasi adanya bahan yang mencurigakan.

Dirpolairud Polda Jatim Kombes Pol Arnapi mengatakan, Dit Polairud rutin melakukan patroli di sekitar perairan pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, guna menjaga agar situasi tetap aman terkendali serta Memantau kegiatan pelabuhan penyeberangan Perak Surabaya.

“Kami berharap dengan adanya aturan – aturan ini akan meminimalisir hal – hal yang tidak diinginkan, Jadi semuanya kita lakukan pemeriksaan. Ini upaya preventif.” Ujar Mantan Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Tahun 2015 lalu.

Arnapi itu memerintahkan Anggotanya, memeriksa setiap orang yang masuk ke kantor polisi. Pemeriksaan dilakukan terhadap barang bawaan serta tujuan kedatangan dan telah Mempertebal Kekuatan Pengamanan Personel, lebih memperketat dalam pemeriksaan, serta akan Memeriksa dengan alat deteksi terhadap Semua orang, barang serta kendaraan yang akan masuk ke Dit Polairud Polda Jatim

“Perketat pengamanan orang masuk mako (markas komando),” terangnya.

Persenjataan juga disiagakan di pos penjagaan dan gerbang masuk. Setiap personel Polri yang berjaga di mako dan tugas patroli, di wajibkan menggunakan body vest sebagai pelindung tubuh.

Akses keluar masuk pengunjung Dit Polairud Polda Jatim hingga seluruh personel dan pengunjung, dilakukan melalui satu gerbang untuk memudahkan pemeriksaan dan pengawasan.

( tNews.co.id // Handoko).

 

Related Articles

Back to top button