Halo Polisi

Kapolres Lumajang Hadiri Deklarasi Open Defecation Free (ODF) di Kabupaten Lumajang

LUMAJANG || tNews.co.id – Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto seno, S.I.K., M.Si menghadiri Deklarasi Open Defecation Free (ODF) di Kabupaten Lumajang.

Kegiatan tersebut berlangsung di Pendopo Arya Wiraraja, Kabupaten Lumajang, Rabu (24/3/2021).

Acara tersebut dihadiri Bupati Lumajang Thoriqul Haq, M.ML, Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno, S.I.K.M.Si, dan Dandim 0821 Lumajang Letkol Inf Andi Andriyanto Wibowo, S. Sos,. M.I. Pol, dan Sekretaris Dinas Kesehatan Prov. Jatim sekaligus Ketua Tim Verifikasi Lapangan ODF Hartanto, SKM, M.Si.

Sekertaris Dinas Kesehatan Provinsi Jatim sekaligus Ketua Verifikasi Lapangan ODF mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang karena ditengah kesibukan menanggulangi Covid 19, masih memprioritaskan Kab. lumajang menjadi kabupaten ODF.

“Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Tim Verifikasi yang telah turun Ke 7 Kecamatan, 14 Desa yang dikunjungi dan masing-masing Desa 2 Kepala Keluarga yang menjadi sample meskipun ada sedikit yang menjadi catatan namun hal tersebut akan diperbaiki,” tuturnya.

Walaupun ada sedikit catatan Kabupaten Lumajang telah menjadi Kab Lumajang ODF Jawa Timur yang ke 17 diantara 38 Kab./Kota di Jatim dan semoga dengan Kab. Lumajang ODF menjadi Kab. sehat.

“Kami mendorong untuk menjadi Kab. ODF karena di daerah ada hubungannya dengan penyakit menular yang masih belum terbiasa menggunakan jamban dan berharap dengan adanya ODF penyakit menular semakin menurun,” harap Hartanto.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, ODF tahun 2021 merupakan kerja keras bersama OPD, Camat, Puskesmas dan masyarakat, tentu ini bukan hal mudah karena saat ini kita menghadapi Covid 19.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih karena bisa merealisasikan Kab. Lumajang bisa menjadi Kabupaten Sehat,” ujarnya.

Cak Thoriq juga mengapresiasi atas kinerja puskesmas yang telah melaksanakan Deklarisasi ODF ke masing-masing Desa.

“Kami akan segera menuntaskan dan menyelesaikan dalam waktu dekat atas catatan-catatan dari tim Verifikasi lapangan ODF,” tuturnya.

Bupati Lumajang berharap dengan Kab. Lumajang menjadi Kab. ODF seluruh potensi layanan kesehatan betul-betul dirasakan oleh masyarakat.

“Terima kasih atas kedatangan tim Verifikasi Lapangan ODF di Kabupaten Lumajang, semoga ini menjadi kebersamaan kita semua dalam melayani masyarakat yang lebih baik,” pungkas Thoriq.

Setelah acara Verifikasi Lapangan Dilanjutkan Deklarasi ODF (Open Defecation Free) Lumajang selesai dilakukan Penyerahan Sertifikat ODF dari Ketua Tim Verifikasi Lapangan ODF kepada Bupati Lumajang.

( tNews.co.id // Hand).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button