Halo Polisi

Presiden RI Ir. H. Joko Widodo Resmikan Gedung UNTIRTA Banten

SERANG, tNews.co.id – Usai meresmikan Bendungan Sindang Heula, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga meresmikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang berlokasi di Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Kamis (04/03/2021).

Kedatangan Presiden Jokowi dan rombongan disambut oleh Kapolda Banten Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto, Pangdam III Siliwangi Mayor Jenderal TNI Nugroho Budi Wiryanto, Danrem 064/MY Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko, Wagub Banten Andika Hazrumy, Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, Tokoh Agama dan mahasiswa dengan mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi meminta agar perguruan tinggi tidak berada di menara gading namun sebaiknya berfungsi sebagai menara air.

“Perguruan tinggi tidak berada di menara gading, tapi harus memfungsikan diri sebagai menara air dimana hasil penelitian maupun inovasi-inovasi yang dihasilkan kampus harus langsung bisa dirasakan oleh masyarakat,” kata Jokowi dalam sambutannya.

“Saya berharap Untirta bisa ikut mengambil bagian dari kerja bersama ini dengan terus membangun kolaborasi dengan berbagai pihak, meluaskan jejaring, dan kerja sama terutama dengan kalangan industri agar mampu menghasilkan penelitian dan inovasi-inovasi yang memiliki nilai tambah bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat, khususnya masyarakat di Provinsi Banten,” lanjutnya.

Terkait bangunan baru Untirta, Jokowi memberikan apresiasi karena konsisten menerapkan konsep smart and green university. Jokowi mengaku senang melihat adanya area terbuka hijau yang mencapai 30% dari luasan kawasan.

Jokowi bercerita, rektor Untirta meminta bantuan presiden agar diberikan bonus dibangunkan embung kolam. Jokowi mengaku dirinya langsung menyanggupi dan meminta Kementerian PUPR mengerjakannya.

“Kalau bisa tahun ini Insyaallah, kalau ndak ya paling lambat tahun depan. Tapi juga menggunakan teknologi yang ramah lingkungan berbentuk pendaur ulang air karya sendiri,” kata Jokowi.

Sementara itu, Rektor Untirta Prof Fatah Sulaeman menyebut Untirta sebagai kenangan manis dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan kabinet Indonesia kerja jilid II.

“Dengan terharu bahagia atas nama masyarakat Banten kami sampaikan kepada presiden yang dari awal mendukung penuh pengembangan kampus baru Untirta,” ujar Rektor Untirta Prof Fatah Sulaeman dalam sambutannya.

Fatah mengatakan, Untirta saat ini sudah memiliki 20 ribu mahasiswa yang tersebar dari seluruh Indonesia.

Bangunan pengembangan kampus baru ini didanai oleh islamic development bank (IDC) dan dana pendampingan APBN yang mencapai 56,9 US dolar.

Kemudian dibangun 12 gedung plus additional room untuk gedung pembangunan karakter.

Ia mengatakan, sesuai fokus pembangunan era kedua kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang fokus pada pengembangan SDM, Untirta siap membantu menyukseskan program untuk membangun SDM yang berkompetensi secara global dan memiliki jiwa nasionalisme tinggi dan siap menjaga keutuhan NKRI.(Handoko).

Sumber (Bidhumas) Polda Banten.

Related Articles

Back to top button