Halo Polisi

Puluhan Pejabat Polda Jatim di Mutasi, Ada Kasubdit Hingga Kasatreskrim Polrestabes Surabaya

Puluhan Pejabat Polda Jatim di Mutasi, Ada Kasubdit Hingga Kasatreskrim Polrestabes Surabaya

SURABAYA, Jawa Timur II tNews.co.id  – Puluhan pejabat di lingkungan Polda Jawa Timur dimutasi mendekati masa Pilkada 2024. Puluhan pejabat berpangkat perwira menengah (pamen) itu akan dirotasi ke berbagai jabatan baru.

Mutasi jabatan di Polda Jatim itu tertuang dalam Surat Telegram ST/947/VIII/KEP/2024, tertanggal 2 Agustus 2024, pada Minggu (2/8/2024).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto, membenarkan adanya gerbong mutasai jabatan besar-besaran di wilayah hukum Polda Jatim. Menurut dia, mutasi jabatan itu merupakan hal biasa dalam tubuh organisasi kepolisian.

Mutasi PA Jajaran Polda Jawa Timur dilakukan oleh Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur (Kapolda Jatim), Irjen Pol Imam Sugianto. Melalui Surat Telegram Nomor: ST/947/VIII/KEP/2024, tertanggal 2 Agustus 2024 tentang pengukuhan serta pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polda Jawa Timur.

Perlu diketahui, Ada beberapa perwira Polda Jatim dan jajaran yang dimutasi.
Satu diantaranya ialah AKBP Irwan Kurniawan yang semula menjabat Kasubdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Jatim, dimutasi ke Kasubdit 1 Tindak Pidana Industri, Perdagangan, dan Asuransi (Indagsi). Posisi AKBP Irwan Kurniawan digantikan oleh AKBP Damus Ada yang semula menjabat sebagai Kasubdit 2 Tindak Pidana Perbankan, Pencucian Uang, dan Kejahatan Dunia Maya di Ditreskrimsus Polda Jawa Timur.

Tak hanya 7 kapolsek jajaran Polrestabes Surabaya dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak yang dimutasi berdasarkan Surat Telegram Kapolda Jatim Nomor: ST/947/VIII/KEP./2024 tanggal 2 Agustus 2024 yang ditandatangani Karo SDM Kombespol Ari Wibowo.

Ada nama sosok AKBP Aris Purwanto. Perwira menengah (pamen) yang sebelumnya Kasubdit II/Tipid Harda Bangtah Ditreskrimum Polda Jatim ini diangkat jabatan baru sebagai Kasatreskrim Polrestabes Surabaya.

Sementara itu jabatan Kasubdit II / Tipid Harda Bangtah dijabat oleh AKBP Deky Hermansyah yang sebelumnya menjabat Penyidik Madya I Ditreskrimum Polda Jatim.

Dengan diangkatnya AKBP Aris Purwanto sebagai Sikatan 7 (istilah Kasatreskrim, red), maka kursi kosong yang sementara dirangkap Wakasatreskrim Polrestabes Surabaya Kompol Teguh Setiawan sudah terisi.

Selain itu, Kasatpamobvit Polrestabes Surabaya AKBP Mujito diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasubdit VIP Ditpamobvit Polda Jatim. Jabatan Kasatpamobvit akan diisi AKBP Wachid Arifaini sebelumnya Kasibdit Audit Ditpamobvit Polda Jatim.

Kemudian, Kasatbinmas Polrestabes Surabaya AKBP Iswahab diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabagjarlat SPN Polda Jatim. Posisi yang ditinggalkan AKBP Iswahab akan diisi Kompol Joes Indra Lana Wira, sebelumnya Wakapolres Bondowoso.

Kasatlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Mochamad Su’ud diangkat dalam jabatan baru sebagai kabagops Polres Pasuruan Kota. Untuk kursi yang ditinggalkan AKP Mochamad Su’ud akan diisi AKP Imam Sayfudin Rodji, sebelumnya Paurgakkum Subbidprovos Bidpropam Polda Jatim.

( Pak D ).

Related Articles

Back to top button